04 September 2010

Kitab Tauhid Syaikh Muhammad At Tamimi (19)

BAB 19
PENYEBAB UTAMA KEKAFIRAN ADALAH BERLEBIH-LEBIHAN DALAM MENGAGUNGKAN ORANG-ORANG SHOLEH
Firman Alloh Subhanahu wa Subhanahu wa Ta’ala :

]يا أهل الكتاب لا تغلوا في دينكم ولا تقولوا على الله إلا الحق[

“Wahai orang-orang ahli kitab, janganlah kalian melampaui batas dalam agama kalian, dan janganlah kalian mengatakan terhadap Alloh kecuali yang benar.” (QS. An nisa’, 171).

Dalam shoheh Bukhori ada satu riwayat dari Ibnu Abbas RadhiAllohu’anhu yang menjelaskan tentang firman Alloh Subhanahu wa Subhanahu wa Ta’ala :
]وقالوا لا تذرن آلهتكم ولا تذرن ودا ولا سواعا ولا يغوث ويعوق ونسرا[

“Dan mereka (kaum Nabi Nuh) berkata : janganlah sekali-kali kamu meninggalkan (penyembahan) Tuhan-tuhan kamu, dan janganlah sekali-kali kamu meninggalkan (penyembahan) Wadd, Suwa’, Yaghuts, Ya’uq maupun Nasr” (QS. Nuh, 23)

Beliau (Ibnu Abbas) mengatakan : “Ini adalah nama orang-orang sholeh dari kaum Nabi Nuh, ketika mereka meniggal dunia, syetan membisikan kepada kaum mereka agar membikin patung-patung mereka yang telah meninggal di tempat-tempat dimana disitu pernah diadakan pertemuan-pertemuan mereka, dan mereka disuruh memberikan nama-nama patung tersebut dengan nama-nama mereka, kemudian orang-orang tersebut menerima bisikan syetan, dan saat itu patung-patung yang mereka buat belum dijadikan sesembahan, baru setelah para pembuat patung itu meninggal, dan ilmu agama dilupakan, mulai saat itulah patung-patung tersebut mulai disembah”.

Ibnul Qoyyim berkata ([1]): “banyak para ulama terdahulu mengatakan : “setelah mereka itu meninggal, banyak orang-orang yang berbondong-bondong mendatangi kuburan mereka, lalu mereka membikin patung-patung mereka, kemudian setelah waktu berjalan beberapa lama ahirnya patung-patung tersebut dijadikan sesembahan”.

Diriwayatkan dari Umar RadhiAllohu’anhu bahwa Rasululloh ShallAllohu’alaihi wa Sallam bersabda :

“لا تطروني كما أطرت النصارى عيسى بن مريم، إنما أنا عبد، فقولوا عبد الله ورسوله”

“Janganlah kalian berlebih-lebihan dalam memujiku, sebagaimana orang-orang Nasrani berlebih-lebihan dalam memuji Isa bin Maryam. Aku hanyalah seorang hamba, maka katakanlah : Abdullah (hamba Alloh) dan Rasululloh (Utusan Alloh)” (HR. Bukhori dan Muslim).

Dan Rasululloh ShallAllohu’alaihi wa Sallam bersabda :

“إياكم والغلو، فإنما أهلك من كان قبلكم الغلو”

“Jauhilah oleh kalian sikap berlebih-lebihan, karena sesungguhnya sikap berlebihan itulah yang telah membinasakan orang-orang sebelum kalian” (HR. Ahmad, Turmudzi dan Ibnu majah dari Ibnu Abbas RadhiAllohu’anhu).

Dan dalam shoheh Muslim, Ibnu Mas’ud RadhiAllohu’anhu berkata : bahwa Rasululloh ShallAllohu’alaihi wa Sallam bersabda :

“هلك المتنطعون ” قالها ثلاثا.

“Binasalah orang-orang yang bersikap berlebih-lebihan” (diulanginya ucapan itu tiga kali).

Kandungan dalam bab ini :

1.Orang yang memahami bab ini dan kedua bab setelahnya, akan jelas baginya keterasingan Islam, dan ia akan melihat betapa kuasanya Alloh itu untuk merubah hati manusia.
2.Mengetahui bahwa awal munculnya kemusyrikan di muka bumi ini adalah karena sikap berlebih-lebihan terhadap orang-orang sholeh.
3.Mengetahui apa yang pertama kali diperbuat oleh orang-orang sehingga ajaran para Nabi menjadi berubah, dan apa faktor penyebabnya ?, padahal mereka mengetahui bahwa para Nabi itu adalah utusan Alloh.
4.Mengetahui sebab-sebab diterimanya bid’ah, padahal syari’ah dan fitrah manusia menolaknya.
5.Faktor yang menyebabkan terjadinya hal diatas adalah tercampur aduknya kebenaran dengan kebatilan ;

Adapun yang pertama ialah : rasa cinta kepada orang-orang sholeh.

Sedang yang kedua ialah : tindakan yang dilakukan oleh orang orang ‘alim yang ahli dalam masalah agama, dengan maksud untuk suatu kebaikan, tetapi orang-orang yang hidup sesudah mereka menduga bahwa apa yang mereka maksudkan bukanlah hal itu.

1.Penjelasan tentang ayat yang terdapat dalam surat Nuh ([2]).
2.Mengetahui watak manusia bahwa kebenaran yang ada pada dirinya bisa berkurang, dan kebatilan malah bisa bertambah.
3.Bab ini mengandung suatu bukti tentang kebenaran pernyataan ulama terdahulu bahwa bid’ah adalah penyebab kekafiran.
4.Syetan mengetahui tentang dampak yang diakibatkan oleh bid’ah, walaupun maksud pelakunya baik.
5.Mengetahui kaidah umum, yaitu bahwa sikap berlebih-lebihan dalam agama itu dilarang, dan mengetahui pula dampak negatifnya.
6.Bahaya dari perbuatan sering mendatangi kuburan dengan niat untuk suatu amal shalih.
7.Larangan adanya patung-patung, dan hikmah dibalik perintah menghancurkannya (yaitu : untuk menjaga kemurnian tauhid dan mengikis kemusyrikan).
8.Besarnya kedudukan kisah kaum Nabi Nuh ini, dan manusia sangat memerlukan akan hal ini, walaupun banyak diantara mereka yang telah melupakannya.
9.Satu hal yang sangat mengherankan, bahwa mereka (para ahli bid’ah) telah membaca dan memahami kisah ini, baik lewat kitab-kitab tafsir maupun hadits, tapi Alloh menutup hati mereka, sehingga mereka mempunyai keyakinan bahwa apa yang dilakukan oleh kaumnya Nabi Nuh adalah amal ibadah yang paling utama, dan merekapun beranggapan bahwa apa yang dilarang oleh Alloh dan Rasulnya adalah kekafiran yang menghalalkan darah dan harta.
10.Dinyatakan bahwa mereka berlebih-lebihan terhadap orang-orang sholeh itu tiada lain karena mengharapkan syafaat mereka.
11.Mereka menduga bahwa orang-orang berilmu yang membikin patung itu bermaksud demikian.
12.Pernyataan yang sangat penting yang termuat dalam sabda Nabi : “Janganlah kalian memujiku dengan berlebih-lebihan, sebagaimana orang-orang Nasrani berlebih-lebihan dalam memuji Isa bin Maryam”. Semoga sholawat dan salam senantiasa dilimpahkan Alloh kepada beliau yang telah menyampaikan risalah dengan sebenar benarnya.
13.Ketulusan hati beliau kepada kita dengan memberikan nasehat bahwa orang-orang yang berlebih-lebihan itu akan binasa.
14.Pernyataan bahwa patung-patung itu tidak disembah kecuali setelah ilmu [agama] dilupakan, dengan demikian dapat diketahui nilai keberadaan ilmu ini dan bahayanya jika hilang.
15.Penyebab hilangnya ilmu agama adalah meninggalnya para ulama.

([1]) Abu Abdillah : Muhammad bin Abu Bakar bin Ayyub bin Sa’d Az Zur’I Ad Dimasqi, Ibnu Qoyyim Al Jauziyah. Seorang ulama besar dan tokoh gerakan da’wah Islamiyah; murid syekhul Islam Ibnu Taimiyah. Mempunyai banyak karya ilmiyah. Dilahirkan tahun 691 H (1292 M) dan meninggal tahun 751 H (1350 M).

([2]) Ayat ini menunjukkan bahwa sikap yang berlebih-lebihan dan melampaui batas terhadap orang-orang sholeh adalah yang menyebabkan terjadinya syirik dan tuntunan agama para Nabi ditinggalkan.

sumber KAJIAN TAUHID
Terima kasih kepada Uda Abu Azzam yang telah memberi arahan , suport dan penjelasannya.

52 komentar:

  1. blog yang bagus...salam kunjungan pertama saya

    BalasHapus
  2. assalamualaikum,
    sudah lama saya tidak berkunjung ke blog Anda
    ternyata postingan demi postingan semakin menarik saja
    saya merasa sangat ketinggalan tidak mengikuti update postingan Anda :)
    semoga kunjungan saya kali ini kembali mempererat silaturahmi
    ohya, sekedar mengingatkan, banyak postingan baru di blog saya
    saya tunggu komentar Anda di kangmusa.com
    terima kasih banyak atas postingan yang bermanfaat ini
    wassalam

    kangmusa

    BalasHapus
  3. subkhanallah
    saya suka blog anda

    salam kenal yaa
    :)

    BalasHapus
  4. allahu akbar
    terus kaji kitab yg lain
    i like it

    BalasHapus
  5. Hallo ... I love that you give valuable info in your article, this may be beneficial to all. I will bookmark your blog and check back here regularly. I'm pretty sure I will learn many new things here! Good luck

    BalasHapus
  6. sangat bermanfaat psotingannya, terimakasih

    BalasHapus
  7. Saya mendukung untuk kemajuan blognya pak

    BalasHapus
  8. selamat pagi pak admin,mohon ijin untuk ikut corat-coret di kolom komentar ini,ane bangga bisa menemukan website yang super super keren ini.info2-nya sangat menarik penuh manfaat..thanks,,salam kenal untuk semua and sukses selalu..

    BalasHapus
  9. Harapan kita terus memberi inovasi yang baru, up to date dalam menyampaikan berita.

    BalasHapus
  10. terima kasih pak admin telah menghadirkan informasi dan berita yg bermanfaat,semoga dengan sering di updated akan menjadikan website ini lebih bermanfaat lagi bagi pengunjung..

    BalasHapus
  11. terima kasih pak admin telah menghadirkan informasi dan berita yg bermanfaat,semoga dengan sering di updated akan menjadikan website ini lebih bermanfaat lagi bagi pengunjung

    BalasHapus
  12. visit the website selling herbal medicines for all kinds of diseases. thank you

    BalasHapus
  13. terima kasih pak admin telah menghadirkan informasi dan berita yg bermanfaat,semoga dengan sering di updated akan menjadikan website ini lebih bermanfaat lagi bagi pengunjung..

    BalasHapus
  14. artikel yang di berikan sangat bagus dan bermanfaat untuk kita semua

    BalasHapus
  15. artikel yang di berikan sangat bagus dan bermanfaat untuk kita semua

    BalasHapus
  16. artikel yang di berikan sangat bagus dan bermanfaat untuk kita semua

    BalasHapus
  17. terimakasih untuk artikelnya, ini memberikan saya pengetahuan baru mengenai hal yang tidak boleh dilakukan

    BalasHapus
  18. berbagi setiap kebaikan yang dimiliki adalah cara termudah untuk disayangi, oleh sesama manusia pun oleh Tuhan yang maha penyayang

    BalasHapus
  19. Kamu tak bisa kembali ke masa lalu, dan mengubah sebuah awal yang buruk namun kamu bisa membuat akhir yang indah mulai saat ini!

    BalasHapus
  20. Setiap kesakitan adalah pengalaman. Rasakan dan pelajari, karena itu adalah rahasia untuk
    menemukan kebahagiaan yang sesungguhnya

    BalasHapus
  21. Bersyukur adalah cara terbaik agar merasa cukup, bahkan ketika berkekurangan,
    Jangan berharap lebih sebelum berusaha lebih

    BalasHapus
  22. Milikilah pemikiran yang kuat, tapi selalu tempatkan hatimu lebih kuat. Karena pada akhirnya, perasaan selalu mampu mengalahkan logika

    BalasHapus
  23. Hidup itu terlalu misterius. Lebih baik berhenti menebak-nebak dan mulai lakukan hal yg tepat.

    BalasHapus
  24. Dengarkan semua orang, tapi jangan percaya semua yang mereka katakan. Kadang berguna, kadang bisa juga salah

    BalasHapus
  25. Ketika ragu menghampiri,ikuti kata hati. Beri pertanyaan,rasakan jawabanya. Terkadang kamu harus belajar tuk mempercayai hati

    BalasHapus
  26. terimakasih gan atas infonya semoga info ini bermanpaat bagi kita semua sehat selalugan dan tambah sukses.

    BalasHapus
  27. terimakasih gan atas infonya semoga info ini bermanpaat bagi kita semua sehat selalugan dan tambah sukses.

    BalasHapus
  28. terimakasih gan atas infonya, banyak sekali yang saya pelajari setelah saya membaca artikel ini.terimakasih gan sehat selalu dan tambah suksess

    https://goo.gl/mlUnST
    https://goo.gl/Jap5y9
    https://goo.gl/gZBKcU
    https://goo.gl/RKnxCD
    https://goo.gl/dkfzOp
    https://goo.gl/8m9qPN

    BalasHapus
  29. terimkasih gan atas infonya semoga bermanpaat bagi kita semua sukses selalu gan dan tambah ssehat.

    BalasHapus
  30. good more naight guys, thank you information

    BalasHapus
  31. makasih banyak atas informasinya

    BalasHapus
  32. Satu-satunya cara melakukan sebuah pekerjaan yang luar biasa adalah dengan mencintai apa yang saat ini tengah Anda kerjakan

    BalasHapus
  33. Penganggungan dan pengkultusan terhadap seseorang dpt menyebabkan kesesatan

    BalasHapus
  34. Tidak ada manusia yang sempurna, jadi tidak perlu mengagung-agungkan sesama manusia
    penemu kereta api
    ide usaha modal kecil
    pendiri microsoft
    penemu whatsapp

    BalasHapus